7 Hal Ini "Pantang" Dilakukan Jika Terbangun di Tengah Malam, Tak Disangka Pipis Juga Gak Boleh!

Emang sih tidur sudah menjadi salah satu hal yang biasa kita lakukan tiap hari. Apalagi waktu malem hari, yaitu momen di mana kamu beristirahat setelah capek­capek kerja seharian atau aktivitas lainnya yang padat di setiap hari. Tapi ya senyenyak apa pun tidur, pasti pernahkan sesekali kebangun pas tidur? Nah, kalau kamu mengalami hal ini nih, ada beberapa pantangan yang sebaiknya jangan kamu lakukan kalau kamu masih pengen bisa tidur nyenyak lagi!

1. Kenapa sih, kok sering banget terbangun di tengah malam?


Sekarang ini banyak sekali orang menderita insomnia alias sudah tidur di malam hari, dan ada juga orang yang kalau sudah bangun susah buat ngelanjutin tidurnya lagi, boro­boro menghabiskan jatah tidurmu kan sayang, nah kamu harus menghindari adanya rasa cemas dan stress yang bisa mempengaruhi proses tidur kamu, atau bisa jadi karena faktor lingkungan, entah itu tetangga yang berisik atau teman tidur yang suka ngorok. Kalau bisa kamu harus menghidari hal­hal seperti ini biar bisa nyenyak lagi!

2. Jangan langsung bersikap duduk


Kalau emang kamu sudah keluar dari mimpi buruk dan sadar bahwa itu hanya mimpi, usahakan jangan langsung bangkit dan duduk. Biarkan tetap di posisi tidur dulu karena gerakan dudukmu inilah yang sebenernya bisa meningkatkan detak jantungmu secara tiba­tiba, padahal waktu tidur detak jantungmu berdetak lebih pelan dari biasanya. Ini juga bisa bikin aliran darahmu ke otak lebih kenceng dan alhasil kamu bakal lebih lama buat buat tidur lagi.

3. Jangan kebiasaan mengecek Hp


Pasti udah sering denger kalau hp atau laptop gak boleh deket ranjang pas kita tidur. Karena emang gak baik banget buat pola hidup kita. Tipe cahaya biru bisa ngirim sinyal ke otak yang bikiin otak kita jadi bingung, alhasil yang tadinya otak kita lagi tenang, balik lagi deh berpikir terus jadi susah tidur.

4. Jangan lihat jam weker


Kalau bisa cari jam weker digital yang gak ada cahaya terlalu terang, karena juga dapat mengganggu pola hidup kamu, yang tadinya kamu terbangun tiba­tiba terus ngecek jam, kamu bakal ngitung tinggal berapa jam lagi waktu tidur kamu,faktanya kamu bakal stress mkirin jatah tidur dan susah tidur lagi! Percaya deh!!

5. Jangan kebiasaan temen tidur


Kalau emang kamu kebangun di tengah malam, biarkan aja teman tidur kamu tetap tidur jangan suka langsung nyalain lampu atau bersuara kek, kalau emang mereka yang berisik ngorok, alergi atau gangguam tidur lainnya mending suruh priksa ke dokter aja.

6. Jangan suka gelendung sana sini yang menentu


Otot di seluruh tubuhmu cenderung masih dalam keadaan rileks saat kamu terbangun di tengah malam. Meski kamu pengen gelundungan sana­sini di tempat tidur, sebaiknya kamu tahan dan tetep dalam posisi tidurmu. Kalo kamu mulai bergerak dan gelundungan, ini bakal "ngebangunin" ototmu dan ngebikinnya aktif lagi. Dan pastinya bakal lebih susah buat tidur lagi.

7. Jangan bangun dan pipis di tengah malam


Nggak banyak yang bisa kamu lakuin selain berusaha ngurangin kebanyakan minum air sesaat sebelum tidur. Biar kamu gak perlu bangun dan pipis, kecuali kalau kamu emang super kebelet banget, ya jangan ragu buat langsung ke kamar mandi. Karena bangun dari tempat tidur, nyalain lampu dan mencuci tangan adalah sinyal rutinitas pagimu yang juga ngebangunin kerja otakmu, yang bakal bikin kamu susah nyenayak lagi.

8. Cara biar kamu bisa tidur lagi!


Kalau kamu terbangun tiba­tiba, usahain jangan banyak gerak biar oto kamu gak aktif, rilek aja tarik nafas dan hembus pelan­pelan, usahakan agar pikiran kamu tetap tenang, atau bisa juga kamu fokusin dengan cara tardisional kayak urutin angka biar kamu mulai lagi masuk ke alam mimpi. Selamat tidur guys!

Sumber: Keepo.me 

Menarik Lainnya: